Sunday, April 17, 2011

Tentang Software

A.      Pengertian Software
Secara harfiah software berarti piranti lunak; perangkat lunak; program
computer. Istilah baku dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak.
Softwaremerupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin computer dalam menjalankan pekerjaannya. Software ini merupakan catatan bagi mesin computer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika ini diolah  melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengolahan data software ini melibatkan beberapa hal, yaitu system operasi, program, dan data.
Dalam arti yang paling luas, software computer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian.

B.      Fungsi Software
Fungsi-sungsi software antara lain :
1.       Mengidentifikasi program,
2.       Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan computer terkontrol,
3.       Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
C.      Jenis-jenis Software
Umumnya, software yang sering kita pakai terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
1.       software system operasi (operating system)
yaitu software yang digunakan untuk mengoperasikan computer.
2.       Software aplikasi (application).
Yaitu software yang dioperasiakn di dalam sebuah lingkungan operating system untuk keperluan-keperluan tertentu, seperti pemrograman (programming), office, work, dan gaming (permainan).
Secara khusus, software terbagi menjadi lima, yaitu :
1.       System operasi (operating system)
2.       Alat bantu (utility)
3.       Bahasa pemrograman
4.       Routines (user program)
5.       Application package (package program)

D.      System Operasi (operating System)
Contoh system operasi  yang mengatur seluruh proses, menerjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian antara lain : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7, dsb.
1.       Pengertian System Operasi (operating System)
System ini mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan processing dalam system computer. Operating System merupakan kumpulan dari program routine dan prosedur yang dibuat untuk memperkecil peranan pengguna computer dan memperbesar efisiensi system tersebut.
System operasi didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai computer (user) dengan perangkat keras (hardware).
2.       Fungsi Sistem Operasi (operating System)

Operating System merupakan system software yang berfungsi untuk mengatur cara kerja computer secara mendasar.
Fungsi utama System Operasi antara lain :
a.       Sebagai manajemen proses yang mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
b.      Sebagai manajemen sumber daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak system/ perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan. Contoh simber dayanya adlah komponen perangkat keras pada computer seperti CPU, memori utama, dan alat input/ output.
c.       Sebagai manajemen data, yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan/ keluaran. Selain itu, juga mempunyai sarana untuk mengolah keamanan. Cirinya antara lain : pemakai (user) memasukan nama pemakai dan password (kata rahasia) sebelum mengakses computer.
3.       Macam Sistem Operasi (operating System)
Secara umum operating System dibuat untuk jenis computer tertentu, antara lain :
a.       Microsoft windows untuk personal computer (PC)
b.      VMS untuk DEC
c.       OS/2, AIX, OS/390 untuk IBM
d.      MacOS untuk Apple Macintosh
e.      SunOS untuk Sun Computers
f.        Palm OS untuk PDA PalmPilot
g.       Microsoft windows CE untuk Palmtop UNIX, yaitu induk operating System yang mampu diimplementasikan untuk segala macam jenis mesin computer yang ada sampai saat ini.

Daftar Operating System dengan versi terakhir antara lain :
a.       Microsoft Windows Me
b.      Microsift Windows 2000
c.       Novell Netware 5
d.      MacOS 9 Beta dan MacOS X Server
e.      Linux RedHat 7.0, Mandrake 7.2, YellowDog 1.2, MkLinux R1, LinuxPPC 2000, Slackware 7.1, Caldera OpenLinux 2.4, SuSE 7.0, Debian 2.2
f.        FreeBSD 4.2
g.       Solaris 7
h.      BeOS Release 5

Sistem Operasi yang paling umum digunakan antara lain :
a.       DOS (Disk Operating System)
Awalnya dipakai pada IMB PC (disebut PC-DOS) dan PC (Personal Computer) yang kompatibel dengan IMB PC (disebut MS-DOS). Versi DOS pertama dirilis tahun 1982 yang dikemas dalam sebuah disket.
DOS merupakan system operasi dasar yang selalu ada pada system operasi Windows sekarang ini. mungkin kini sudah jarang sekali menggunakan system operasi DOS karena Sistem Operasi Windows telah memiliki GUI (Graphical User Interface) yang sangat baik.
Cara memulai DOS berbeda-beda untuk setiap masing-masing Sistem Operasi Windows. Caranya adalah sebagai berikut :
1)      Untuk Windows 98/ME : Klik Start menu| MS-DOS Prompt
2)      Untuk Windows 2000/XP : Klik start menu | Accessories | Command Prompt
3)      Atau untuk setiap Windows : Klik start menu | Run | ketiklah ‘cmd’ atau ‘command’ (tanpa tanda petik).
b.      Windows
Windows adalah salah satu system operasi andalan Microsoft yang bnayak dipakai saat ini, karena mempunyai banyak feature yang mampu memanjakan pemakainya. Maka semakin tinggi versi dari Windows, semakin banyak kemudahan yang ditawarkannya. Perkembangan windows dimulai dari Windows 1.0, Windows versi 3, Windows 95, Windows 97, Windows ’98, Windows 2000, dan Windows XP (experience), terakhir adalah Windows Longhorn (Windows Vista).
Setelah Microsoft meluncurkan Windows 2000 versi beta (percobaan), akhirnya Microsoft Windows 2000 (final) diluncurkan dalam dua versi, yaitu Windows 2000 Profesional dan Windows 2000 Server.
Pada tahun 2002 Windows XP pun diluncurkan, XP Home Edition dan Profesional Edition.
c.       Macintosh/Mac OS
Macintosh adalah salah satu jenis PC berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple Computer, diluncurkan pada bulan Januari 1984. Mac adalah computer pertama yang mempopulerkan graphical user interface, yang pada waktu itu sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia perkomputeran desktop. Macintosh disebut juga Mac OS, dibuat untuk computer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.
d.      Novell Netware
Novell Netware adalah system operasi jaringan yang paling banyak digunakan. Pertama kali digunakan khusus bagi LAN (Local Area Network) dengan pendekatan file server murni.
e.      BeOS
BeOS adalah system operasi untuk PC yang didesain untuk aplikasi multimedia masa depan yang berjalan pada arsitektur PowerPC dan Intel.  Salah satu tujuan utama BeOS adalah mengelola jumlah data yang besar secara optimal. System operasi ini dapat memenuhi tuntutan aplikasi-aplikasi multimedia dengan dukungan multi processor, system file 64 bit, dan multithreading.
f.        OS/2
OS/2 adalah system operasi untuk PC yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, tetapi kemudian dijual dan dikelola oleh IBM. Kelebihan utama OS/2 adalah arsitekturnya yang kuat.
g.       Palm OS
Palm OS adalah system operasi computer yang menjadi platform dari PDA (Personal Digital Assistans). PDA  adalah computer saku yang didesain sebagai personal organizers yang memiliki fungsi dasar seperti pengaturan jadwal, buku alamat, catatan tugas, dan memo yang dapat disinkronisasikan dengan computer PC.
h.      UNIX
UNIX adalah sebuah system operasi yang pada awalnya dikembangkan oleh Bell Labs pada tahun 1969 sebagai sebuah system yang berkonsep ‘interaktif time-sharing’. UNIX diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie.
Karakteristik UNIX antara lain :
1)      Multitasking, dapat menjalankan lebih dari satu jenis aplikasi pada saat yang bersamaan
2)      Multiuser, dapat digunakan oleh lebih dari satu user pada waktu yang bersamaan.
3)      Line/ Text Command Based, menyerupai DOS yang menggunakan perintah yang di’ketik’an sebagai sarana ‘memerintah’ computer.
4)      Secure, memiliki tingkat keamanan yang cukup dibandingkan Operating System lainnya.
5)      Ready-for-Network, karena sejarah pembuatannya memiliki tujuan sebagai sarana komunikasi antarkomputer.
i.         LINUX
LINUX adalah sebuah system operasi yang menyerupai UNIX, merupakan implementasi independen dari POSIX. Meliputi true multitasking, virtual memory, shared libraries, demand-loading, proper memory management, dan multiuser.
LINUX merupakan system operasi yang disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti juga source code Linux tersedia.

Application Packages(Program Aplikasi)

Application Packages (packages program) atau sering dikenal sebagai software aplikasi merupakan program-program yg dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk para user atau pengguna komputer yg beroperasi dlm bidang-bidang umum seperti penerbangan,asuransi,komunikasi,toko-toko,penerbitan,pedagang eceran,dan sebagainya.
Program aplikasi dipergunakan untuk penyediaan berbagai fungsi yg siap pakai. contoh-contoh software aplikasi ini antara lain sebagai berikut.
1. Software aplikasi grafis
contoh software antara lain Freehand,Adobe Ilustrator,Photo editor,Image processing/design(adobe photoshop,corel draw,irfan view,ulead photoimpact,Arcshoft photostudio,dan Microsoft photodraw),dan sebagainya


2. Software pengolah kata
software ini digunakan untuk mengetik surat,naskah,brosur,dan dokumen lainnya. Contoh program pengolah data antara lain Word processor(Microsoft word,Lotus wordpro,amipro,wordstar,word perfect,notepad,dan sebagainya).3. Software pengolah angka


3. Software pengolah angka 
merupakan software paling sering digunakan oleh para user,terutama untukpengolahan data angka yg memerlukan berbagai perhitungan,pembuatan label,grafik,dan sebagainya.Contoh software ini adalah spreedsheet(Microsoft exel, Lotus 123 , Quattro Pro, Lotus Symphony, dan sebagainya).

4. Software Penerbitan (publisher)
software ini dimanfaatkan oleh para user yang bergerak di bidang penerbitan, seperti majalah, surat kabar, dan buku.contoh software publisher antara lain Microsoft Publisher, Adobe Pagemaker , Adobe inDesign, Ventura publisher, QuarkXPress,dan sebagainya.

5. Software Pengolah Data(Database)
software database ini digunakan untuk mengorganisasika dan memproses sekumpulan data.Contoh software ini adalah dBase, Microsoft Access, FoxPro, Statistik(ASO,SAS,SPSS,MicroStat, dan StatGraphic),dan sebagainya
.
6. Software Multimedia
Manfaat software ini adalah kita bisa mendengar musik, menonton film,mengedit film, gaming, hingga merekam suara.Contoh software ini antara lain adalah Windows Media Player,iTunes, Real Player, Presentation( Microsoft Power Point,Lotus Freelance, Harvard Graphics,dan lain-lain), dan sebagainya.

7. Software Aplikasi Internet
Aplikasi internet adalah protokol yg digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yg berjauhan.Contohnya adalah :
  • HTTP merupakan aplikasi internet menampilkan baris, kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yg diberi tanda garis bawah.Contohnya adalah internet explorer.
  • E-mail merupakan aplikasi surat menyurat di internet.Contoh perangkat lunaknya Outlook Express
  • Messenger digunakan untuk berkomunikasi antara satu org atau lebih(conference),selain berkomunikasi melalu teks (message), juga bisa berupa suara(voice) maupun film (webcam).

    Semoga Bermanfaat^^
    Terimakasih!

2 comments:

Monggo ditulis komentarnya...